Friday, January 7, 2011

Garuda di Dadaku

Hari itu datang juga..Pagelaran sepakbola se-Asia Tenggara, AFF Suzuki Cup 2010 Indonesia - Vietnam..
Kompetisi yg udah diselenggarakan sekitar bulan November-Desember 2010 lalu itu begitu menyita perhatian masyarakat Indonesia..Betapa tidak, Indonesia  kembali dipercaya menjadi tuan rumah untuk kedua kali secara berturu-turut..2 tahun lalu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Singapura. Kali ini Indonesia menjadi tuan rumah bersama Vietnam..
Euforia terhadap timnas Indonesia kembali menggelora, seperti tahun 2007 saat Piala Asia berlangsung di 4 negara (Vietnam, Thailang, Malaysia, Indonesia)..Karena waktu itu Indonesia salah satu tuan rumah, dan final berlangsung di Indonesia, euforia masyarakat Indonesia waktu itu sangat luar biasa, walaupun Indonesia gagal lolos babak grup..
3 tahun berselang, euforia masyarakat Indonesia muncul lagi seperti tahun 2007 silam, kali ini lebih dahsyat..
Bertarung melawan 3 negara (Malaysia, Laos, Tahiland) di babak grup A dan menjadi juara grup, berhasil dengan susah payah melewati hadangan Filipina di babak semifinal (karena Filipina runner-up grup B bersama juara grup Vietnam setelah mengandaskan Myanmar dan Singapura di babak grup), dan berhadapan kembali dengan Malaysia di babak final kandang-tandang, setelah Malaysia (runner-up grup A mengalahkan juara grup B Vietnam dengan agregat 2-0)..
Perjalanan timnas Indonesia di Piala AFF ini bisa didibilang kurang mulus..Bisa dikatakan Indonesia langganan juara 2 Piala AFF..Betapa tidak, 4 kali Indonesia masuk final Piala AFF (yg dulu bernama Piala Tiger dan diselenggarakan 2 tahun sekali), 4 kali pula Indonesia hanya jadi juara 2..
Ya, kali ini Indonesia di final takluk oleh Malaysia yg menjadi juara untuk pertama kalinya..Padahal Indonesia belum pernah sekalipun juara..
Main di kandang Malaysia, Indonesia dibekuk 3-0..Main di kandang sendiri, Indonesia menang 2-1 tapi kalah agregat 2-4..Apalagi Safee, penyerang Malaysia, berhak menjadi pencetak gol terbanyak dengan 5 gol..
Walaupun Indonesia gagal, masih ada tanda penghibur, di mana Firman Utina, gelandang sekaligus kapten Indonesia, menjadi pemain terbaik turnamen Piala AFF 2010 ini..
Yg mencuri perhatian persepakbolaan Indonesia di Piala AFF 2010 ini adalah kehadiran 2 pemain naturalisasi..Pemain naturalisasi pertama dalam sejarah sepakbola Indonesia kali ini adalah Christian "El-Loco" Gonzales dr Persib Bandung..6 tahun main bola di Indonesia, bulan November kemarin Gonzales, yg asli Uruguay, akhirnya mendapat paspor Indonesia..

Gonzales kini menjadi idola baru pecinta sepakbola Indonesia bersama 1 lagi pemain naturalisasi yg didatangkan dr Ajax Amsterdam, keturunan Belanda bernama Irfan Bachdim..baru 3 bulan berada di Indonesia, Irfan langsung mendapat paspor Indonesia dan berlaga di klub Persema Malang..2 pemain ini kini menjadi pahlawan anyar sepakbola Indonesia..
Masih ada 1 lagi yg membuat Indonesia bangkit dr keterpurukan prestasi..Kehadiran pelatih baru pengganti Benny Dollo..Dialah pelatih dr Austria, Alfred Riedl..Pengalamannya melatih tim2 Asia, termasuk kesuksesan membawa Vietnam juara Piala AFF 2008, membuat dia dipercaya melatih timnas Indonesia hingga masa kontrak 2012..

Satu2nya pemain asli Indonesia yg bukan berasal dr luar negeri seperti Gonzales, Irfan, dan Riedl, adalah pemain Sriwijaya FC kelahiran Papua, Oktovianus Maniani..Okto menjadi salah satu senjata utama timnas Indonesia di posisi sayap..Kecepatan dan gocekannya yg luar biasa menjadikan ia layak untuk main di klub Eropa..
Selepas ini, turnamen Sea Games 2011 Indonesia dan Pra Olimpiade 2012 Inggris menunggu di pundak timnas Indonesia U-23 dan timnas senior..

Kim Jeffery Kurniawan menjadi target pemain naturalisasi selanjutnya..Pemain Persema Malang keturunan Jerman ini dipercaya masuk timnas U-23 untuk Sea Games 2011..
Setelah semua yg kita lihat ini, tampaknya kita akan segera melihat kebangkitan persepakbolaan Indonesia sekarang ini..

Mari kita terus berdoa dan memberi dukungan agar sepakbola Indonesia bisa bangkit dr keterpurukan dan meraih prestasi kembali, sehingga semangat kebangkitan dan prestasi ini menular ke olahraga2 Indonesia lainnya seperti bulutangkis, silat, renang, voli, basket, dll..
Tuhan memberkati olahraga Indonesia..
Amin...

No comments:

Post a Comment