Thursday, October 14, 2010

the history of my favorite's things 1: Bacaan Favorit

Inilah awal mula hal2 yg menjadi favorit2 gw, yg gw anggap mewakili selera2 gw..

1. Alkitab
Secara gw Kristiani, otomatis Kitab Suci yg gw pegang sbg pedoman hidup adalah Alkitab..sejak kecil, sejak kelas 2 SD di Wamena, Papua, udah diajari bonyok utk mengenal n baca2 Alkitab..waktu ada guru Sekolah Minggu gereja gw ngajarin baca Alkitab dgn gaya anak2..pernah juga ngadain ibadah Sekolah Minggu di rumah gw waktu itu, juga pernah d gereja gw..tp waktu itu gw belum mengenal lebih dekat ttg Alkitab n belum mengenal lebih dekat siapa Tuhan gw..
Beranjak kelas 5 SD ampe kelas 1 SMP di Sidikalang, Sumatera Utara, gw mulai bisa memahami isi Alkitab walaupun belum sepenuhnya paham maksud dr isi tersebut, krn waktu itu gw sempat gereja bareng keluarga d HKBP (Huria Kristen Batak Protestan - gereja khusus org2 Batak n pke bahasa Batak) Sidikalang, pernah juga Sekolah Minggu di Hall Polres Sidikalang, bareng anak2 Kristiani asrama polisi, pas d seberang rumah gw..cm emank anak2 ada yg kurang aktif..hanya gw n adek gw yg paling aktif hehe..
Ohya, yg namanya Sekolah Minggu tu ibadah khusus untuk anak2 Kristiani yg 1 gereja usia 6-11 tahun, biasa dilakukan d ruang khusus Sekolah Minggu yg ada d gereja, bs juga diadain d rumah anak2..biasa yg diajarkan tuh cerita2 yg ada d Alkitab yg dibawakan oleh 1-3 guru Sekolah Minggu, diiringi dengan lperkenalan, nyanyi lagu2 Sekolah Minggu (lagu2 rohani anak2), doa,  dan persembahan..kadang diselipin permainan hehe..
Beranjak kelas 1 SMA di Banjarmasin, Kalimantan Selatan..di sinilah permulaan iman n rohani gw tumbuh sebagai pemeluk agama Kristen Protestan..GPIB (Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat) adalah gereja org2 Kristen Protestan dr berbagai suku di Indonesia yg gereja nya hanya ada di Indonesia bagian Barat, sesuai namanya..jadi Indonesia bag. Timur kyk Sulawesi, NTT, NTB, Maluku, Papua tuh ga ada GPIB..
nah, di Banjarmasin gw n keluarga gw terdaftar sbg jemaat GPIB Maranatha..GPIB seolah sudah menjadi gereja tak terpisahkan dr keluarga gw..bokap-nyokap gw menikah d GPIB di Medan..gw n adik gw waktu masih bayi juga dibaptis d gereja..gw jg mendapat Sidi (pendewasaan iman, khusus utk yg beranjak dr remaja ke pemuda - usia 16 tahun menuju usia 17 tahun ke atas - secara teori, walaupun ada yg diSidi usia kepala 2 n kepala 3)..
di Banjarmasin inilah gw diSidi tgl 4 bulan 4 tahun 2004 d GPIB Maranatha..sebelumnya gw aktif Sekolah Minggu jg d gereja ini..sebelum gw diSidi gw ikut Katekisasi (pembelajaran dasar2 pendalaman Alkitab, gereja, Allah kita, lagu rohani2, dan misi pekabaran Injil, dll) biasa dilakukan d gereja..dr Katekisasi inilah gw mulai mempelajari lebih dalam tentang Allah, Yesus Kristus, Roh Kudus, isi Alkitab, kisah Yesus, doa, maupun Kidung Jemaat (lagu2 rohani), dilakukan setiap pertengahan tahun selama kurang lebih 6 bulan..menjelang Sidi, biasa dilakukan retreat sesama anggota Sidi per angkatan tiap tahun, cm gw n teman2 gereja ga dpt retreat..sebagai gantinya, pas gw diSidi di gereja gw dapat Alkitab dengan Kidung Jemaat yg memuat tanda klo gw telah diSidi dihadapan Tuhan gw..akhirnya Alkitab resmi gw mintai tanda tangan pemuda2 gereja gw (biasa disebut GP - Gerakan Pemuda)..di gereja gw ini pula gw pernah ngrayain Paskah bersama pemuda2 dengan bermalam di gereja, pernah berkunjung-nginap-ibadah di GPIB di Palangkaraya, dan pernah gereja d GPIB Effatha dekat Bandar Udara Syamsuddin Noor, punya kota Banjarmasin..
hingga kini di Pamulang, Tangerang - Banten, gw n keluarga gw bergereja d GPIB Karunia, Ciputat..dr sinilah gw mulai mempergunakan Alkitab sbg bacaan gw..Alkitab gw ini penuh dengan tanda tangan di kertas awal n akhir Alkitab sbg tanda kenang2an aja..tanda tangan dr pemuda2 gereja gw d Banjarmasin, juga pemuda2 di GKB (Gereja Kristen Bersinar) Pamulang, GBI (Gereja Bethel Indonesia) Pamulang Raya, sebelum gw resmi menjadi jemaat d GPIB Karunia, ga lupa juga tanda tangan pemuda2 GPIB Karunia..di gereja ini juga gw n Alkitab gw disahkan di hadapan Allah sebagai pelayan gereja..bukan sebagai guru Sekolah Minggu, atau pengurus gereja, melainkan sebagai bendahara gereja gw hehe..
klo ditanya ayat favorit dr Alkitab mungkin banyak tp yg paling favorit adalah Yohanes 3:16, isinya "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."
artinya Allah Tuhan kita menyayangi kita n melalui Anak-Nya bernama Yesus Kristus kita bisa terbebas dr dosa n Yesus mati demi dosa2 kita n bangkit untuk memulihkan bangsa ini n supaya mendapat hidup yg layak dr Tuhan..
klo lagu rohani yg ada d Alkitab (Kidung Jemaat) banyak yg gw suka..pertama kali gw belajar lagu2 rohani tuh waktu kelas 5 SD di Pekanbaru, Riau..diajarin nyokap lagu rohani dr Kidung Jemaat no. 450 berjudul "Hidup Kita Yang Benar", lagu tanpa reff tapi punya 5 bait lagu..inilah lagu rohani Kidung Jemaat pertama yg gw n adek gw pelajari..
di Pekanbaru jugalah gw diajari berdoa, baik doa makan, doa tidur, doa mau pergi, dan doa terpenting dalam hidup: Doa Bapa Kami..termuat di Alkitab injil Matius 6:9-13 dan Lukas 11:2-4, yg isinya mengajarkan kita untuk berdoa mengucap syukur terhadap segala hal dan berdoa untuk segala sesuatu di bumi n di surga..
yap, kini gw mulai mengenal Tuhan gw lebih dekat, berkat Alkitab hadiah dr gereja gw di Banjarmasin (GPIB Maranatha) karena telah mengalami Pendewasaan Iman..
inilah bacaan favorit pertama gw, Kitab Suci: Alkitab...

2. Komik "Detektif Conan"
Kelas 4 SD di Pekanbaru, Riau..pertama kalinya gw punya bacaan berupa komik..Komik pertama bukan Detective Conan, tapi Donal Bebek..cm waktu itu nyokap gw ada beli komik Detective Conan juga..klo komik Donal Bebek udah sering baca..agak terasa beda pas baca Detective Conan edisi 1..gw langsung jatuh cinta ama ni komik..akhirnya gw menetapkan beli per edisi nya..
Hingga kini ada beberapa komik yg hilang, tp gw gk pernah kehilangan 1 edisi pun..bahkan ketika mulai kelas 2 SMA di Pamulang, Banten, ada edisi spesial nya n  seri animasi TV..maka langsung gw langganan per edisi nya..klo Detective Conan yg di TV sih gw suka, pertama kali gw nonton pas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tp kurang populer, makanya sekarang ga pernah nongol lg di TV.. malahan sekarang gw udah punya 2 DVD Detective Conan yg isinya beneran orang, bukan kartun..toh tetap yg paling enak tuh baca komiknya..
Hingga kini komik Detective Conan gw udah banyak, terakhir edisi 57 gw beli, klo yg edisi spesial no. 32 yg terakhir, klo edisi terbaru yg edisi seri animasi TV yg komik ke-22..
tiap malam gw slalu gantian baca tuh komik..emang ga ada matinya..selain seru, juga menambah wawasan ilmu pengetahuan n teknologi, karena komik ini utk segala usia...

3. Majalah "HAI"


Klo majalah Hai pertama gw baca pas kelas 2 SMA di Pamulang, Banten..waktu itu gw cm baca iseng2 aja..Eh, di sekolah ternyata juga ada di perpustakaan..yaudah tiap bel istirahat gw suka berebutan ama teman2 sekolah yg lain karena bacaan majalah Hai menarik isinya, karena memang sampe skarang majalah Hai khusus utk cowok yg masih SMA..pernah majalah Hai ngasih bonus kaos lengan buntung putih logo Hai..lumayan keren tp gw ga dapat haha..
Majalah Hai tuh majalah mingguan..akhirnya setelah tamat sekolah gw mulai berlangganan ampe sekarang..isinya asik2 semua..artikel2 keren, music, school,  sport, art, science, horroscope, ada cerpen, kadang ada puisi, ada selipan komik, seputar artis dalam n luar negeri, gadget2, games, dll..
Skarang Majalah Hai udah masuk edisi ke-41 TH XXXIV tgl. 11-17 Oktober 2010 dgn cover Blink 182..
sering gw bawa nih majalah ke kampus, klo ada waktu senggang gw suka baca2..
Gw pernah kirim pertanyaan seputar cinta ke majalah Hai,eh, dimuat beberapa minggu kemudian n dijawab hehe..gw jg pernah ngirim pertanyaan seputar hal2 lain, juga pernah ngirim karya foto utk dimintai komentar..dan semua udah pernah dimuat..
Klo ditanya rubrik kesukaan dr majalah Hai ini, ya semua, ga kurang ga lebih hehe..berkat info seputar konser band2 yg gw suka, gw jd bs nonton konser band luar negeri yg gw sukai..asik deh..
Majalah Hai, karena kita luar biasa... 

4. Koran Tempo

Koran Tempo pertama kali gw baca pas kelas 2 SMA di Pamulang, Banten..
waktu itu bokap berlangganan..akhirnya gw jd suka ikut2an baca ampe sekarang..gw suka baca koran Tempo tu menggantikan kegemaran gw baca Koran Kompas..yap, gw mulai baca yg namanya koran tuh pas kelas 1 SD di Jayapura, Papua..waktu itu baru belajar baca dan salah satu media gw belajar baca adalah Kompas..lucunya, tulisan apapun yg gw temui waktu itu bacanya tetap Kompas hehe..terakhir baca Kompas pas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pas kelas 1 SMA..karena gw pindah ke Pamulang, otomatis keluarga gw berhenti berlangganan..dan mulai berlangganan Koran Tempo..
Gw gak menutup mata utk baca koran lain..tp gw udah kadung suka baca koran Tempo..gw mulai jarang baca koran Kompas..
Sampai sekarang gw amsih suka bawa koran Tempo ke kampus utk dibaca saat senggang, sama kayak gw bawa Majalah Hai ke kampus..
Rubrik yg paling gw suka ke-3 adalah komik strip "Lotif" yg biasa ada tiap hari Minggu, isinya lucu, suka menyinggung segala hal yg lg hangat2nya terjadi, baik di luar negeri maupun di Indonesia..yg paling gw suka no. 2 adalah Ilmu & Teknologi, karena menambah ilmu pengetahuan n teknologi pastinya..rubrik no. 1 yg paling gw suka n paling favorit adalah Olahraga..karena gw suka olahraga, biasanya yg paling ditonjolin adalah sepakbola, baru olahraga yg lain kyk tinju, tenis, bulutangkis, basket, dll..gw jd bisa tahu berita2 terkini perkembangan olahraga dalam n luar negeri..jd klo ada 1 ato lebih pertandingan yg ga gw tonton, ya gw cari tau hasilnya di rubrik Olahraga ini..
Pokoknya Koran Tempo yg hadir harian ini adalah korannya segala usia... 

No comments:

Post a Comment