Wednesday, October 27, 2010

the history of my favorite's things 4: Olahraga Favorit

Olahraga favorit gw seumur hidup, tentunya sama dengan kebanyakan orang di dunia ini: Sepakbola..

Alasannya sederhana: gampang dimainkan, memiliki tingkat keseruan tersendiri,  olahraga penuh energi,  bisa dimainkan oleh siapa saja (semua umur), kapan saja, dan di mana saja, serta bisa menyatukan segala perbedaan..
Sepakbola termasuk salah satu olahraga paling murah di dunia, sekaligus juga salah satu olahraga bergaji tinggi di dunia..
Pertama kali gw main bola tuh pas kelas 2 SD di Wamena, Papua..waktu itu main pke Aqua gelas bekas sebagai bolanya, sendal sebagai gawangnya, main ama teman2 kecil gw waktu itu..
Mulai bisa main pke bola beneran tuh pas kelas 4 SD di Pekanbaru, Riau..waktu itu maen2 doank ama teman2 asrama Brimob dekat rumah gw, maen di lapangan gede di asrama Brimob..
Pertama kali gw dibeliin bola tuh pas kelas 5 SD, masih di Pekanbaru, Riau..seneng bgt rasanya..gw bisa bwa bolanya maen d lapangan dekat sekolah gw, maen ama teman2 sekolah gw..pernah bola gw tu dicuri ama anak nakal dr asrama Brimob hehehe..
Saat itu juga gw pertama kali dapat seragam sepakbola lengkap dengan kostum, celana, kaos kaki, ampe sepatu, dikasih ama tetangga gw..kami sering maen bersama..
Kelas 1 SMP di Sidikalang, Sumatera Utara menjadi tempat pertama kalinya gw ama teman2 kecil gw ikut turnamen sepakbola antar-kampung dengan format ga boleh pke sepatu bola alias kiyam (kaki ayam)..sebelumnya gw sering maen ama teman2 asrama Polisi, maen d halaman rumah gw, maen d lapangan tenis d asrama Polisi, dan juga maen d turnamen sepakbola antar-kampung itu..maen d stadion Sidikalang, kami yg waktu itu bernama Remaja Bhayangkara Club (RBC) - karena isinya anak2 polisi semua hehehe - hanya bisa meraih runner-up (juara ke-2) karena kalah adu penalti ama tim kampung lain..
Beranjak kelas 1 SMA di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, gw maen dengan teman2 sekolah gw pke bola kalating (bola plastik khas kota Banjarmasin) di sekolah gw..entah kenapa, gw yg sebelumnya maen ga pernah jadi kiper, malah jadi kiper buat sekolah gw, dan kata teman2 gw, skill gw sebagai kiper bagus, gw slalu jadi kiper andalan sekolah gw hehe..waktu class meeting di sekolah gw, tim kelas gw meraih juara ke-3 (runner-up ke-2)..
Pas kelas 2 SMA di Pamulang, Banten, gw pertama kalinya maen pke bola asli di sekolah gw..gw ga jd kiper lagi, kembali jd pemain..pernah class meeting sekolah gw, tim kelas gw hanya sanggup lolos sampai ronde ke-2..lapangan komplek dekat rumah gw juga sering gw jajal untuk maen bola ama teman2 komplek gw..maen di lapangan komplek lain ama teman2 sekolah gw juga pernah gw ikuti..
Sampai akhirnya olahraga Futsal menjamur ketika itu (dalam 3 tahun belakangan) ampe sekarang..gw ga melewatkan kesempatan maen futsal di lapangan futsal indoor maupun outdoor, dan rasanya asik banget..kesempatan itu pernah datang pas gw ama tim futsal gereja gw ikut turnamen futsal antar-gereja di salah satu gereja tertua di Jakarta..pertama maen langsung gugur di ronde ke-1 hehe..itu karena tim gw ga siap banget, tapi terpaksa ikut demi mencari pengalaman bermain futsal di tingkat kompetisi antar-gereja..
2 tahun berlalu, tim futsal gereja gw kembali ikut turnamen futsal antar-gereja di GOR Bulungan, Jakarta..kami lebih siap waktu itu, dan kami bisa sampai ke perdelapan final saja (16 besar)..
Pernah juga ikut turnamen futsal tahunan d kampus gw, sejak tahun 2008..pertama kali ikut turnamen itu ama tim futsal gw bernama Ijul FC, kami cuma sanggup maen sampai ronde ke-2 saja, tapi gw bisa cetak satu gol penentu kemenangan saat maen di ronde pertama..satu tahun kemudian gw berganti tim bersama Natu 2 FC, tapi langsung gugur di ronde pertama turnamen itu..dan sekarang, gw kembali berganti tim bernama BSS (Bukan Superstar FC), dan ampe sekarang kami masih berjuang maen di turnamen tersebut..
Hingga kini, gw masih suka maen bola, entah itu sepakbola, mini soccer, ataupun futsal..
Klo ngomongin soal tim nasional sepakbola favorit, gw favoritkan 2 tim: timnas Perancis dan tentu saja timnas Indonesia..
Pertama kali gw suka tim Perancis tuh waktu pertama nonton partai Perancis vs Italia di Piala Dunia 1998 di Perancis..waktu itu gw nonton waktu masih sekolah di Pekanbaru, Riau..banyak yg jagoin Italia, tapi entah kenapa gw favoritkan Perancis (mungkin karena Perancis tuan rumah waktu itu ya..) dan Perancis juara waktu itu..
Hingga sekarang gw tetap megang Perancis, karena Perancis juga juara Piala Eropa 2000 Belanda-Belgia, tapi terhenti di babak penyisihan Piala Dunia 2002 Korea-Jepang, sempat juara Piala Konfederasi 2003, hanya sampai di perempatfinal Piala Eropa 2004 Portugal, sempat jadi runner-up (juara 2) di Piala Dunia 2006 Jerman, sampai akhirnya 2 kali gagal di penyisihan, masing-masing di Piala Eropa 2008 Swiss-Austria dan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan..semoga di Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina dan Piala Dunia 2014 Brazil timnas Perancis jauh lebih baik..Amin...
Ohya, dari timnas Perancis jugalah gw punya pemain sepakbola favorit sepanjang masa: Zinedine Zidane (Perancis)..sayang, Zidane udah pensiun..klo yg masih aktif gw jagoin Alessandro Del Piero (Juventus/Italia)..
Mengenai timnas Indonesia, gw juga udah lama dukung banget mereka, entah sejak kapan..Mereka pernah juara AFF Tiger Cup, juara Sea Games dan Asian Games..tapi yg gw sayangkan, kondisi sepakbola Indonesia sedang terpuruk dengan segudang permasalahannya, entah sampai kapan..gw berharap semoga persepakbolaan Indonesia bisa cepat pulih dan kembali berprestasi...Amin.
Klo ditanya klub sepakbola favorit, gw juga punya 2: Juventus (Italia) dan Persipura Jayapura (Indonesia)..
Pertama kali gw doyan Juventus adalah ketika Juve diperkuat beberapa pemain Perancis yg menjadi negara timnas favorit gw, seperti Zinedine Zidane, Didier Deschamps, dan Lilian Thuram..setelah Perancis juara Piala Dunia 1998 Perancis, barulah gw suka Juventus..Juventus adalah satu-satunya klub yg mengoleksi gelar juara Liga Italia terbanyak sebanyak di atas 20-an gelar (28 gelar), sementara klub2 Italia lain baru sanggup mengoleksi hingga belasan gelar..Mereka juga pernah 2x juara Liga Champions, pernah juara Piala Italia, Piala Super Italia, Piala Intertoto, Liga Europa, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar-Klub..
Walaupun Juventus sekarang masih standar, belum naik2, walaupun pernah terlibat skandal pengaturan skor di negara mereka hingga jatuh ke Serie-B, walaupun akhirnya mereka juara Serie-B dan kembali ke Serie-A, gw tetap cinta Juventus..Alessandro Del Piero adalah pemain Juventus yang masih aktif yang gw idolakan kedua setelah Zinedine Zidane (Perancis)..
Persipura Jayapura sebenarnya merupakan salah satu klub Indonesia yg gw idolakan, selain PSMS Medan dan Persma Manado..alasannya, gw punya campuran darah Batak-Medan (dari Ayah) dan darah Manado (dari Ibu)..tapi karena kedua klub ini turun kasta ke Divisi 1, gw akhirnya idolakan Persipura yg maen di Divisi Liga Super..alasan gw pilih Persipura, karena gw lahir di provinsi asal Persipura, yaitu Papua, lebih tepatnya di kota Wamena..sebenarnya Wamena punya klub yang maen di Divisi Liga Super, sama kayak Persipura, namanya Persiwa Wamena, tapi mungkin karena Persiwa masih di bawah bayang2 Persipura dan belum berprestasi, gw memilih Persipura yg berasal dr kota Jayapura..
Beragam prestasi Persipura juga menjadi salah satu alasan gw jagoin Persipura, seperti  beberapa kali juara Liga Indonesia, pernah juara Piala Indonesia, juara Piala Antar-Provinsi, dan juara Community Shield (pertandingan antara juara Piala Indonesia dengan juara Liga Indonesia)..
Gw punya idola pemain sepakbola tim nasional Indonesia, yang kebetulan juga sekaligus pemain klub Persipura Jayapura, klub favorit gw, namanya: Boaz Solossa, asli orang Sorong, Papua..

Itulah kisah olahraga favorit gw..Sepakbola ga bisa dilepaskan dari kehidupan gw..Pernah gw ingin bercita-cita jadi pemain sepakbola, tapi ga benar2 jadi ambisi..Yang penting memainkan Sepakbola, Mini Soccer, atau Futsal, sama dengan menikmati hidup hehehe..Bukan berarti gw ga bisa memainkan olahraga yg lain..Banyak sudah olahraga yg pernah gw mainkan seperti: Basket, Badminton, Renang, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Catur, Bridge, Gaplek, Berkuda, Voli Indoor, Golf, Biliar, Hoki, Gulat, Karate, Tinju, Gokart, Panjat Tebing, Lari Jarak Pendek, Lari Jarak Jauh, Lari Marathon, Senam, Tolak Peluru, Lompat Jauh, Sepatu Roda, Balapan Mendayung Perahu, dll..Klo olahraga yg belum pernah gw mainkan sekalipun adalah: Rugbi, Judo, Taekwondo, Silat, Wushu, Memanah, Menembak, Arung Jeram, Ice-Skating, Balapan Sepeda, Balapan Motor, Balapan Mobil, Paralayang, Lempar Cakram, Lempar Lembing, Squash, Polo Air, Loncat Indah, Voli Pantai, Voli Air dll..Di samping itu gw sering koq olahraga ringan seperti: lari, push-up, sit-up, pull-up, skot-jam, kayang, back-flip, dll..

Itulah olahraga..
Sebanyak apapun gw memainkan olahraga, tetap di hati gw cuma 1: Sepakbola..
Football is the best...

No comments:

Post a Comment