Friday, September 24, 2010

Tari Poco-Poco vs Tari Caka-Caka, Sulawesi Utara pun setengah pusing..!

Ada yg tau Tari Caka-Caka tu dr daerah mana? klo Tari Poco-Poco mungkin sudah pd tau, itu berasal dr Manado, Sulawesi Utara..Ya, Tari Caka-Caka pun juga berasal dr Manado, Sulawesi Utara..
Tari Poco-Poco sudah melegenda lama di daerah Minahasa, SulUt, sejak era Opo Empung Wangko, leluhur orang2 Minahasa, bahkan sudah menembus dunia..Tari Poco-Poco merupakan tarian berjenis cha-cha..
Namun kini Tari Poco-Poco seolah "tersaingi" oleh kehadiran tarian modern SulUt, apalagi klo bukan Tari Caka-Caka..
Tari Caka-Caka merupakan perpaduan tari cha-cha dgn musik disko ato pop Manado..
Ternyata banyak anggapan2 berbeda mengenai keberadaan Tari Caka-Caka d tengah2 Tari Poco-Poco yg melegenda..ada yg bilang Tari Caka-Caka merupakan tarian modern yg berkembang justru dari Tarian Poco-Poco itu sendiri..ada jg yg bilang Tari Caka-Caka itu tarian baru yg diambil sedikit dr Tarian Poco-Poco krn (mungkin) org sudah bosan dgn Tarian Poco-Poco..
Fakta berbicara lain. Tari Poco-Poco dipastikan tidak akan membosankan karena tarian ini bisa diubah-ubah lenggokan/teknik tariannya mjd brmacam2, sesuai kreativitas penarinya, asalkan dasarnya tetap langkah tari khas Poco-Poco..
Sedangkan tarian Caka-Caka justru memperlihatkan gerakan dasar yg sama, itu-itu aja..Kalo Anda pernah melihat/ikut menari Caka-Caka, pasti tau n ngerasain klo Caka-Caka memiliki dasar Poco-Poco karena kedua tarian ini hampir sama (ini fakta yg lain)..
Tentunya gw kurang tau sejarah tari Caka-Caka walaupun gw memiliki 50% darah Manado, warisan darah nyokap gw..gw cm tau sejarah tari Poco-Poco..dan gw juga belum mencoba Tari Caka-Caka ini karena masih modern/baru, walaupun gw udah khatam soal tarian Poco-Poco hehe..
Tp yg pasti, munculnya tarian Caka-Caka ini tak lepas dr kreativitas anak2 muda SulUt dalam mengembangkan tari2an tradisional daerah SulUt..
Gw prtama kali liat tari Caka-Caka ini wkt liburan k Manado..
FYI (For Your Info), tarian Caka-Caka ini bagaimanapun jg masih byk yg pke lagu Poco-Poco (yg pernah dipopulerkan oleh Yopie Latul n Melky Goeslaw)..
Sekian sekilas info..
Udah dulu ah, cape ngetik..

Salam,

Jev


No comments:

Post a Comment