Monday, November 29, 2010

Serba-Serbi Perkembangan Teknologi Komunikasi

http://tekno-info-komunikasi.blogspot.com 

Jika perusahaan kabel berhasil menjadi penyedia layanan internet yang dominan, akankah inovasi dan kreativitas yang telah ditandai Web sampai sekarang hilang? Jelaskan!
Jawab:
Tidak, karena perusahaan kabel bisa menjadi penyedia layanan internet yang dominan, berkat inovasi dan kreativitas orang-orang di balik perusahaan kabel tersebut, di mana mereka mencoba membuat suatu bentuk layanan internet, yang berkonsep, yang tidak memiliki batas koneksi, dan memberikan keuntungan buat perusahaan kabel yang memang dibutuhkan untuk layanan Internet dengan jangkauan luas.
Dengan adanya Web, jaringan berkabel menjangkau seluruh teknologi komputer digital yang bisa diakses dengan mudah dan cepat oleh pengguna. Perusahaan kabel ini juga akhirnya memiliki Web sebagai induk untuk dunia maya (internet) sebagai bagian dari marketing kabel internet.

Mengapa spektrum elektromagnetik merupakan perbatasan berikutnya dari revolusi digital?
Jawab:
Menurut wikipedia, Spektrum Elektromagnetik adalah rentang semua radiasi elektromagnetik yang dapat dijelaskan dalam panjang gelombang, frekuensi, atau tenaga per foton. Spektrum ini secara langsung berkaitan dengan Satuan SI.
Jika dihubungkan dengan ilmu Revolusi Digital, maka hal ini tak lepas dari penciptaan dan penemuan gelombang elektromagnetik pada media informasi elektronik masa kini, misalnya radio, radio internet, televisi, internet live streaming, dll.
Sebagai salah satu unsur penting revolusi digital, baik radio, internet, maupun televisi, membutuhkan spektrum elektromagnetik yang tak terbatas. Ketiga media ini membutuhkan sesuatu untuk "menyatukan dunia" yang terpisah oleh benua dan samudera melalui jaringan luas dunia maya tanpa batas berupa audio-visual satelit.
Sekarang pun internet bisa mengadopsi televisi (live streaming) dan radio (radio internet) berkat perluasan jaringan gelombang elektromagnetik yang merupakan buah dari kemajuan teknologi revolusi digital informasi dan komunikasi.
Tanpa ada spektrum elektromagnetik masa kini dan masa depan, maka tak akan tercipta revolusi digital yang sesungguhnya. Keduanya teramat sangat saling membutuhkan demi kemajuan sains dan manusia.

Dalam melakukan digitalisasi data dengan suara dan video, hal apa yang membuat lebih banyak ruang tersedia di jaringan nirkabel?
Jawab:
Ada beberapa.
Tersedianya audio-visual editing, untuk penyempurnaan proses digitalisasi data dalam penyusunan suara dan video agar menjadi satu-kesatuan yang utuh. Terdapat teknik sinematografi khusus untuk digitalisasi data sinema (film) dan video klip. Adanya mesin pencari data-fakta, wiki, sains, dll. Streaming sebagai salah satu ruang audio dan visual yang bisa digunakan secara live dan berulang (non-periodik). Yang paling populer adalah penciptaan dan penemuan jaringan sosial yang meluas di berbagai jaringan nirkabel.

Bagaimana media pribadi dan portabel (smartphone) menciptakan jenis peluang baru untuk iklan, sponsor dan promosi?
Jawab:
Adanya fitur-fitur unik dan menarik dari smartphone seperti layanan internet komputer dalam telepon pintar, e-mail (surat elektronik), e-book (buku elektronik), keyboard (papan ketik) khusus built-in ataupun eksternal, dan konektor VGA, menjadi senjata para pembuat media pribadi dan perancang smartphone untuk menarik minat para konsumen telepon genggam era modern.
Media pribadi maupun media portabel kini menjangkau internet guna memberi aplikasi baru dan tercanggih dalam mendukung media promosi yang semenarik mungkin.
Kebanyakan sponsor untuk media smartphone tak lepas dari hal-hal yang berbau sosial, di mana smartphone bisa menjadi media portabel pendukung event-event sosial yang konsep dan temanya dekat dengan masyarakat, khususnya masyarakat kelas menengah ke atas sebagai pengguna media portabel dan media pribadi.

Bagaimana penemuan dan inovasi di bidang bioteknologi memiliki peluang yang bermanfaat bagi pembuat iklan di bidang pemasaran?
Jawab:
Advertiser (pembuat iklan) dan Marketer (perancang pemasaran) tentu melihat dampak pencitraan bioteknologi modern yang berguna bagi manusia. Salah satu contoh inovasi baru di bidang bioteknologi yang layak untuk diiklankan atau dipasarkan adalah Bioplastik. Bioplastik merupakan penghasil plastik biodegradabel melalui proses biosintesis. Penelitian dasar mencakup produksi biopolimer yang menggunakan mikroba dan tanaman. Tipe Bioplastik terbuat dari bahan dasar yang meliputi pati (starch), PLA dan PHB.
Di sini, marketer dan advertiser melihat keunggulan, keuntungan dan manfaat dari penemuan Bioplastik ini yang tentu berhubungan dengan kesehatan manusia dan ramah lingkungan. Tentu dengan adanya konsep penelitian ini, maka plastik hasil bioteknologi modern masuk kategori pasar bioteknologi dan layak untuk diiklankan demi kepentingan ramah lingkungan dan kesehatan manusia.

SUMBER (semua diakses tanggal 29 November 2010):

http://www.netsains.com  
(diakses pkl. 13.00 WIB)

http://id.wikipedia.org/wiki/Spektrum_elektromagnetik
(diakses pkl. 13.10 WIB)

http://id.wikipedia.org/wiki/Smartphone
(diakses pkl. 13.30 WIB)

http://id.wikipedia.org/wiki/Bioteknologi
(diakses pkl. 20.00 WIB)

http://www.lppm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2009/08/Produk_Target_PPBioteknologi_2010.pdf
(diakses pkl. 20.20 WIB)

http://www.penemuan.com/article/penemuan-bioteknologi-2010.html
(diakses pkl. 21.30 WIB)

http://kambing.ui.ac.id/bebas/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0149%20Bio%203-7a.htm
(diakses pkl. 21.45 WIB)

No comments:

Post a Comment